Friday, October 18, 2013

Sesudah Kesulitan Ada Kemudahan

Setelah melewati kesulitan, bolehlah beri reward pada diri kita; Syukuran Wisuda
 Kawan, ingatkah engkau ketika kita kecil dulu, ada begitu banyak hal yang belum bisa kita lakukan, kita belum bisa bicara, kita belum bisa melangkah, kita belum bisa ke kamar mandi sendiri, kita belum bisa makan sendiri, belum bisa minum sendiri, belum bisa membaca, belum bisa menulis, belum bisa berlari, belum bisa bersepeda, belum bisa main layang – layang *sampe sekarang juga gue belum bisa pren ^^* dan banyak hal yang kita belum bisa, namun pada akhirnya kita BISA!!!
              Kawan, ingatkah ketika dulu kita SD, pelajaran matematika itu sulit sekali, kenapa harus ada perkalian (pake di hapal pula, sumpah sampe sekarang gua kagak hapal!!), kenapa harus ada pembagian, apa itu bilangan bulat, bilangan pecahan, bilangan prima??? *haish…
             Kawan, ingatkah ketika SMP dulu, ada seseorang yang menarik hatimu, ada seseorang yang bisa begitu menyita perhatianmu, sulit sekali merasa santai jika harus ada disampingnya, sulit sekali berjalan dengan benar, berkata dengan benar, tanpa salah tingkah jika dia melihat kearahmu *eciieee..
          Kawan, ingatkah ketika SMA ada begitu banyak tekanan yang memenuhi kepalamu, selalu menjejalkan kata – kata “UAN”, “harus lulus”, “universitas negeri”!! semua itu begitu membuat kita frustasi, belum lagi harus ikut bimbingan, simulasi – simulasi UAN, ada begitu banyak soal – soal yang harus dikerjakan, bahkan angka – angka dan symbol – symbol rumus menari – nari dalam mimpi kita, *Arrrgghhh..
              Ingat pula kawan, ketika semua perjuangan melelahkan, membosankan itu kita lalui, ternyata kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan, kita tidak lulus SPMB, maka kita bertemu di Kampus Ungu, di awal – awal semester, kita masih saja merasa semua ini tak adil, kenapa kita tidak lulus di universitas negeri???
           Kawan, ingatkah ketika kita harus menyelesaikan skripsi?? Ngantri bimbingan, pusing – pusing nyari bahan, laptop rusak, kena virus padahal harus buat aplikasi *bagi yang buat*, harus pendadaran, dibantai…menunggu nilai keluar dengan segala perasaan tak percaya diri, dan ternyata LULUS, Alhamdulillah….

Syukuran Wisuda WN, Sidik, Nova, Richie dan Saga, Agustus 2010
Dan hari ini kawan, ada sangat banyak list kepedihan yang tertulis dalam hati kita, sampai – sampai kita lupa bahwa kita sudah melewatinya, kita lupa bersyukur sebab sampai hari ini Allah masih memberi kita umur, artinya masih selalu ada ujian yang akan menempa kedewasaan kita, padahal kalau kita bersyukur pasti Allah menambahkan nikmatNya…
Kita juga lupa, bagaimana kita dulu selalu berpikir simple, tidak pernah berkata “kapan ya Allah bisa jalannya, capek ni merangkak/ngesot terus!!” atau “kapan ya Allah bisa ngomongnya???” atau “kapan ya Allah bisa makan sendiri???” tidak, kita tidak pernah bertanya – tanya kapan kita bisa, malah sekarang ketika usia kita berlipat bilangan, kita selalu saja bertanya, menuntut bahkan menuding kepada Allah..tak hanya itu, kita juga sering menyalahkan orang lain karena ke-tidakbisa-an kita, kita lupa sesungguhnya ujian adalah bentuk kasih sayang Allah kepada kita…
                Allah pastinya sudah mengukur kemampuan kita kawan, ujian dari Nya tak akan melebihi  batas kesanggupan kita, walaupun berasa kita ingin nangis darah, berasa kita tidak akan mungkin bisa, namun pada kenyataannya Allah selalu memberi jalan keluar tanpa pernah kehabisan ide..
Dan, dari semua ujian yang pernah ku lewati, terima kasih kalian pernah ADA menjadi tempat berbagi, sungguh pertemuan dan perpisahan kita jua adalah ujian, tapi kita pasti bisa melewatinya kan??? Untuk sebuah pertemuan lebih indah yang selalu kita harapkan, nanti kita akan bercanda – canda lagi ya di Taman Syurga  (^_*) , Aaminn ya Rabbal ‘Alamiin…

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...