Wednesday, July 10, 2013

Ramadhan: Puasa di Denmark 21 jam, di Argentina 9 1/2 Jam, Pilih Mana???



Allahuakbar!!!

Salah satu kebesaran Allah adalah perbedaan, sepakat???
Seperti perbedaan yang satu ini, tentang pergantian hari diseluruh dunia, ada yang bersamaan dan ada yang berbeda, juga ada yang memiliki 2 musim dan ada yang 4 musim, kalau Medan 3 musim sepertinya; musim hujan, musim kemarau dan musim durian…hahahaha…saya suka saya suka…
Nah, pada Ramadhan kali ini 1434 H, saudara –saudara kita yang berada di Denmark berpuasa selama 21 jam merupakan durasi terlama dan yang di Argentina selama 9 ½ jam (durasi tercepat), kenapa hal ini bisa terjadi?

Karena Bumi berotasi mengitari matahari secara miring, hal ini mengakibatkan di beberapa negara khususnya negara yang memilki musim dingin atau salju lama mendapatkan cahaya matahari.Misalnya saja pada bulan Maret-September, negara-negara di belahan bumi utara menerima cahaya matahari lebih lama dari yang di selatan. Sedang di bulan Oktober-Februari negara-negara di belahan bumi selatan menerima cahaya matahari lebih lama dari yang di utara)

Jadi tak herankan bila waktu berpuasa di setiap negara itu berbeda-beda, mengingat waktu sahur dan berbuka sangat berkaitan dengan terbit atau terbenamnya matahari.

Nah, Terlepas dari adanya fatwa dari Al-Azhar Al-Sharif yang memungkinkan negara-negara yang mencapai jam puasa tinggi untuk adopsi negara Muslim terdekat, umat Islam di Denmark sepakat untuk berpuasa dari mulai fajar hingga matahari terbenam (21 jam), seperti yang dinyatakan Hussein Ghiwan dari Pusat Kebudayaan Islam Kopenhagen. Semangat Sist, Bro.. !! hehe

Jumlah jam puasa di Timur Tengah antara 14 dan 15 jam, seperti yang terjadi di Arab Saudi dan Yaman, tidak berbeda di Afrika Utara, di mana jumlah puasa jam sampai 14 jam di Libya dan Maroko, dan naik ke 16 setengah jam di Kairo, dan meningkat lagi jam puasa di Belanda dan Belgia 18 setengah jam, naik lagi jumlah jam puasa di Islandia 20 jam, dan untuk negara-negara seperti Brazil memiliki 11 jam sedang di Australia 10 jam.

Dan jam puasa tinggi ini bertepatan tahun ini dengan suhu tinggi, yang diperkirakan akan mencapai suhu di negara-negara Teluk hingga 50 derajat.

Jadi bagaimana Gan??? Mau buka puasa di Argentina hari ini???

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...