Tuesday, November 18, 2014

Debu itu Koloid, Kucing itu Liquid


dapat dari puspychem.blogspot.com

Dapat ide nulis karena tadi pagi akhirnya rajin ku datang, untuk membersihkan helm, setelah sekiaaaan lama… 
Aku jadi teringat kembali dengan masa kecil ku…*emangnya kamu udah gede dek??? *pake suaranya alien.. :p

Jadi semasa kecil dulu aku sering banget buat hujan – hujanan, biasanya sih waktu pagi, tepatnya di saat duha, ketika matahari pagi masuk menelisik lewat jendela, semakin banyak cahaya, maka hujannya akan semakin bagus…jadi aku memilih dapur sebagai tempatku bermain, biasanya sih di dekat westafle, biar mudah juga ngambil airnya…

Caranya, aku membasahi tangan ku dengan air lalu airnya aku ciprat – cipratkan ke arah cahaya yang masuk dan….jadilah hujan, hujan yang sangat indah dengan pendar – pendar cahaya yang menawan berwarna warni…

Nah, belakangan setelah aku belajar kimia baru aku tahu mengapa cahaya itu bisa sangat indah jika di beri tetesan air, karena di udara juga ada debu yang beterbangan tanpa pengaruh gravitasi, ia bebas bergerak kemana pun dia mau…

Sifat si debu itu adalah koloid, terdiri dari zat pendispersi gas dan terdispersi padat, maka debu termasuk dalam jenis aerosol padat…*hasil gugling ini, karena aku blas gak ingat lagi tentang aerosol, aku hanya tak bisa lupa bahwa debu itu koloid ^^

Sebab itulah debu bisa memendarkan cahaya dengan sangat indah karena semua koloid terkena Efek Tyndall yaitu gejala penghamburan cahaya.

So, hubungan cerita di atas dengan helm apa???? *pembaca mulai ngunyah kabel, frustasi…hahaha..lagian siapa yang mau baca dew???!!!

Ya, walaupun pembaca udah pada laper, saya tetap teruskan ya…

Beberapa hari ini aku selalu pake kacamata bila naik motor, karena helm ku kaca nya sudah kotor, rasanya silau kalau kena cahaya, jadi dah kacanya selalu aku buka, nah, biar gak masuk debu ke mata maka aku pakai kacamata…tapi tadi, setelah kaca helm aku bersihkan, rasanya sudah tidak silau lagi jika kacanya di tutup,jadi deh aku ingat kisah dulu bikin hujan buatan…mungkin karena kaca helm ku penuh debu yang bersifat koloid, makanya terjadi efek Tyndall yang menyilaukan mata *ngarang ajeeee… ^^

Dan kucing itu liquid…konon katanya kucing gak punya tulang leher :D


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...