Thursday, November 21, 2013

Manajemen Prioritas (Part-2)













Cara menentukan prioritas :
1.      Tulis rencana besok (yang akan dikerjakan besok, janji, dll)
2.      Tentukan urgensinya
3.      Tentukan yang bisa didelegasikan
4.      Mulai dengan prioritas (paling penting dan paling dekat waktunya)
5.      Di cek list yang sudah dikerjakan
6.      Pindahkan apa yang tidak bisa dikerjakan hari ini ke hari berikutnya

Contoh Form Rencana Kerja Harian
No.
Jam
Kerja yang dibutuhkan
Urutan prioritas
Telah didelegasikan
Telah dilaksanakan
Digeser ke hari berikutnya























Cara menyusun jadwal harian
1.      Waktu yang tepat adalah permulaan hari atau akhir hari yang sebelumnya
2.      Buat jadwal sekecil mungkin hingga mudah dibawa
3.      Harus mencakup semua kepentingan dan kegiatan (missal: jadwal pertemuan, telpon, catatan dll)
4.      20% dari kegiatan, menghasilkan80% dari hasil yang dikehendaki
5.      Kelompokkan kegiatan yang mirip dan sesuaikan urutannya (kalau bisa)
6.      Jangan terlalu padat, beri waktu untuk berjaga – jaga
7.      Bila datang jadwal penting secara tak terduga, susun lagi prioritas dan urutkan lagi
8.      Menghindarkan diri dari kebiasaan menunda pekerjaan
9.      Tentukan batas waktu (deadline) untuk setiap pekerjaan
10.  Jangan menghindar dari masalah
11.  Ingat! Penundaan menghalangi keberhasilan
*Tulisan ini adalah ringkasan dari buku Manajemen yang pernah ku baca di Perpus Kampus Ungu dulu, sepertinya sekitar tahun 2008.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...