Thursday, November 21, 2013

Manajemen Prioritas (Part 1)











Langkah – langkah menyusun kategori prioritas:
1.      Berpegang pada misi atau tujuan utama yang akan dicapai (miliki pandangan yang jelas tentang tujuan kita)
2.      Timbang dan bandingkan semua peran
-          Apakah ada ketidakserasian antara satu peran dengan yang lain?
-          Apakah dalam kehidupan kita ada beberapa prioritas yang belum berjalan secara baik dalam peran – peran tersebut?
-          Apakah dengan semua peran kita secara keseluruhan akan mampu merealisasikan misi utama kita dalam kehidupan ini?


3.     Tentukan tujuan – tujuan kita, jangan lupa memberi porsi perhatian dan konsentrasi lebih banyak terhadap hal – hal yang sifatnya penting daripada yang bersifat segera dan mendadak.
-          Apa yang saya inginkan? (pertanyaan ini untuk menjaga kita tetap berada pada jalur yang benar)
-          Mengapa saya menginginkan hal tersebut? (untuk memperjelas factor yang menyebabkan kita menginginkan sesuatu)
-          Apa yang harus saya lakukan agar sukses merealisasikan hal tersebut? (membantu menentukan jalan yang kita tempuh menuju keinginan tersebut)
4.      Buatlah rencana kerja pekanan
Pembuatan rencana kerja per hari ada kelemahannya; membuat kita hanya berkonsentrasi penuh kepada hal yang sifatnya sangat mendesak dan melupakan hal yang sifatnya lebih penting
5.      Hadapilah tantangan dan rintangan
-          Lihat dan koreksi catatan harian kita
-          Buat jadwal urutan prioritas
-          Gunakan cara pandang kita sendiri dan melangkah penuh semangat dan keberanian
6.      Lakukan koreksi (Evaluasi)
-          Ambil pelajaran dari kesalahan dan pengalaman setiap pekannya
Buat rencana > lakukan > koreksi dan penilaian
-          Apakah tujuan yang sudah tercapai?
-          Apakah keputusan yang telah diambil?
Apakah sudah memperhatikan fiqh prioritas?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...